Masuk

Ingat Saya

Creative commons

Creative commons Merupakan salah satu dari lisensi hak cipta publik yang memungkinkan distribusi gratis karya yang dinyatakan berhak cipta.

Kaitanya dengan perlindungan hak cipta konten digital adalah creative comons merupakan lisensi yang diberikan untuk konten digital. Dengan semakin semaraknya pembajakan khusunya via internet, dibutuhkan adanya suatu hak cipta yang dapat diterapkan oleh semua orang secara mudah. CC menyediakan satu set lisensi dan alat-alat pengaturan hukum bagi para kreator individu ataupun perusahaan besar. Kombinasi dari alat tersebut luas dan bersama berkembang dengan digital, selain itu alat-alat tersebut memungkinkan sebuah konten untuk dapat disalin, didistribusikan, diedit, diremix dan sebagainya yang mana sesuai dengan batas-batas hukum hak cipta

Model lisensi CC tidak menggantikan konsep hak cipta, justru lisensi CC menjadi jembatan konsep antara konsep pengalihan hak cipta yang diterapkan secara kaku dengan konsep karya cipta bebas lisensi. Creative Commons menghubungkan pencipta dengan pengguna internet untuk bersepakat dalam penggunaan ciptaan sesuai izin dari pencipta. Creative Commons memberikan kebebasan kepada pencipta dalam memilih atribusi yang akan dipakai sesuai kehendak. Dengan begitu penggunaan konten oleh orang lain dalam Creative Commons akan menjadi sah karena dengan seizin dari penciptaya. Creative Commons berupaya melindungi ciptaan di internet terutama dari segi moral, karena di internet dari segi perlindungan untuk konten digital sangat lemah. Pengguna yang menggunakan konten di Creative Commons memiliki kewajiban untuk menyantumkan nama pencipta konten. Oleh karena itu Creative Commons dapat menjadi alternatif guna melindungi hak cipta di internet.

(http://law.uii.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/BLC-v1-no2-th2017-fh-uii-perlindungan-hak-cipta-di-interne-melalui-creative-commons-putri-yan.pdf)

PENJELASAN NAMA SYMBOL TEKS :

BY : Lisensi dapat menyalin, mendistribusikan, menampilkan dan melakukan pekerjaan dan membuat karya turunan dan remix berdasarkannya hanya jika mereka memberi penulis atau pemberi lisensi kredit (atribusi) dengan cara yang ditentukan olehnya.

SA : Lisensi dapat mendistribusikan karya turunan hanya dengan lisensi yang sama (“tidak lebih ketat”) terhadap lisensi yang mengatur karya asli. (Lihat juga copyleft.) Tanpa berbagi, karya turunan mungkin dilisensikan dengan klausul lisensi yang kompatibel namun lebih ketat, mis. CC BY ke CC BY-NC.)

NC : Lisensi dapat menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan dan membuat karya turunan dan remix berdasarkan hanya untuk tujuan nonkomersial.

ND : Lisensi dapat menyalin, mendistribusikan, menampilkan dan hanya melakukan copy karya secara verbal, bukan karya turunan dan remix berdasarkannya.

JENIS – JENIS LISENSI

Atribusi CC BY

Lisensi ini mengizinkan setiap orang mengubah dan memperbaiki dan membuat ciptaan turuna, bahkan untuk kepentingan komersial yang mana selama pemilik konten mencantumkan kredit kepada pembuat atas hak cipta. Linsesi ini merupakan linsensi yang paling bebas. Yang mana bertujuan untuk di sebar luaskan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi

Atribusi-BerbagiSerupa CC BY-SA

lisensi ini dapat di samakan dengan lisensi “copyleft” yang mana terdapat di perangkat lunak yang terbuka, seluruh ciptaan turunan dapat di gunakan unutuk kepentingan komersial. Lisensi ini di gunakan oleh wikipedia, dan di rekomendasikan untuk materi meteri yang berasal dari penghimpunan materi wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa. Contohnya lisensi ini ada di dalam konten digital yang kami buat.


Atribusi-TanpaTurunan CC BY-ND

Untuk lisensi ini kita dapat menyabar luasakan namuan dengan syarat kita tidak boleh mengubahnya jadi bentuk ciptaanya masi sama aslinya. Dengan pembeririaan kredit kepada pembuat.

Atribusi-NonKomersial CC BY-NC

Untuk lisensi ini semua orang boleh mengedit mengubah atau memperbaiki , dan membuat ciptaan turunan bukan unutuk kepentingan komersial. Tapi mereka harus mencantumkan kredit ke anda tanpa anda mendapatkan keuntungan. Unutuk pemerian lisensinya mereka tidak harus juga harus memberikan kredit untuk anda yang membuat

Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa CC BY-NC-SA

Untuk lisensi ini semua orang boleh mengedit mengubah atau memperbaiki , dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial. Tapi mereka harus mecantumkan kredit kepada anda dan melisensikan ciptaan turuunan dengan syarat dengan cptaan asli.

Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan CC BY-NC-ND

Untuk lisensi ini adalah lisensi ini yang paling ketat, hanya menngizinkan orang lain menguduh dan membaginya dengan orang lain dengan alasan harus mencantumkan kredit , tapi mereka tidak dapat mengubahnya dengaan cara apapaun. Dan tidak boleh di gunakan untuk kepentingan komersial.

Conten Digital yang kami Buat :

Kami mengupload hasil karya teman kami di commos wikipedia, yang mana beertujuan untuk memberikan lisensi.

sumber :

Creative Commons dan Perlindungan Hak Cipta dalam Era Digital

http://law.uii.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/BLC-v1-no2-th2017-fh-uii-perlindungan-hak-cipta-di-interne-melalui-creative-commons-putri-yan.pdf

https://creativecommons.org/licenses/?lang=id

sekian dari kelompok kami :

Sumarjianto
Teguh Puji Laksono
Kukuh Prihandoko Pratama
Bayu Aji Pramudiyatama
Damei Dwi Listanta